Thursday, 20 May 2010

Humberto Suazo, Penerus Kejayaan Chili


LIONEL Messi boleh saja berjaya dengan menyabet gelar pemain terbaik Eropa dan Dunia 2009. Luis Fabiano juga tidak salah jika membanggakan prestasinya mengantarkan Timnas Brasil lolos ke Afrika Selatan dengan predikat pemuncak klasemen babak kualifikasi zona Amerika Selatan.

Sayang, keduanya terpaksa bungkam jika disuruh menyimak torehan bomber andalan Timnas Chili Humberto Suazo. Ya, pemain 28 tahun itu adalah topskor babak kualifikasi Piala Dunia 2010 zona CONMEBOL dengan mencetak sepuluh gol.

Bukan nama tenar, apalagi bintang. Suazo lebih banyak menghabiskan karir di klub kawasan latin. Deportivo Colo-Colo (Chili) dan Moterrey (Meksiko) adalah dua klub besar yang menjadi persinggahannya.

Sekian lama menanti, tepat pada 8 Januari 2010, Suazo akhirnya untuk kali pertama memijakan kaki di tanah Eropa. Dia bergabung dengan klub La Liga Real Zaragoza dengan status pinjaman dan opsi permanen pada akhir musim.

Predikat raja gol memang bukan sekali ini saja hinggap pada diri pemain dengan nama lengkap Humberto Andres Suazo Pontivo. Bersama Colo-Colo dia sukses menggondol sepatu emas liga Chili dua tahun berturut-turut pada 2006 dan 2007. Pada 2006 dia juga menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Copa Sudamericana. Raihan positif itu berlanjut pada tahun 2008 bersama Monterrey.

Pencapaian terbesar Suazo sendiri adalah ketika dirinya dinobatkan sebagai topskorer dunia versi IFFHS pada 2006. Kala itu dia membukukan 17 gol dengan perbandingan 13 untuk Chili dan 4 untuk Colo-Colo. Pada kesempatan tersebut pemain kelahiran 10 Mei 1981 itu mengalahkan nama-nama pemain papan atas Eropa macam Miroslav Klose, Lukas Podolski dan David Villa.

Di Afsel nanti, Suazo yang terkenal memiliki skill tendangan keras dan akurat akan mendapat tantangan dari bek-bek tangguh macam Carles Puyol dan Philippe Senderos. Ya, La Roja diketahui tergabung bersama Spanyol, Swiss dan Honduras di grup H pada babak penyisihan.

Tapi, itu tentu bukan sebuah halangan bagi Suazo untuk bisa tampil garang di mulut gawang lawan. Dia tidak akan sendiri menjalankan tugas, duet winger Alexis Sanchez dan Mark Gonazales siap membantu dengan memberikan suplai umpan-umpan matang.

Suazo diyakin bakal mampu menjadi penerus dua ujung tombak Chili di Piala Dunia 1998 Ivan Zamorano dan Marcelo Salas dan membawa skuad besutan Marcelo Bielsa melangkah lebih jauh di Piala Dunia ke-19 ini.

Data Pemain
Nama: Humberto Andrés Suazo Pontivo Tanggal Lahir: 10 Mei 1981
Kelahiran: San Antonio, Chili
Tinggi: 173 Cm
Posisi: Striker
Klub sekarang: Real Zaragoza
Number punggung: 25

No comments:

Post a Comment

Beautiful Jewelry