Thursday, 16 September 2010

Perilaku Tumbuhan

Mieke hampir putus asa. Ia sedang ngerjain tugas sekolah buat ngadain penelitian tentang perilaku tumbuhan.

Tapi ia kecewa karena tomat dikebunnya gak tumbuh seperti yang diharapkan. Padahal, ia sudah berhari-hari menyetel musik lembut dikebun tomatnya.

Menurut guru Biologi-nya, pohon tomat akan terstimulasi oleh rangsangan seperti suara musik yang indah.

Karena penasaran, ia menelepon Rudi, temen sekelasnya.

Mieke : "Gimana neh, tomat gue kuntet semua. Gak ada yang merah. Punya elo gimana?"
Rudi : "Tomat gue gedhe-gedhe banget. Merah-merah dan ranum. Kamu pasti gak percaya."
Mieke : "Apa seh resepnya? penasaran gue.."
(Rudi ketawa, lalu berbisik..)
Rudi : " Sederhana aja, setiap 2x sehari, pagi dan sore, gw liatin "ANU" gue didepan tomat-tomat gue. Mereka kan jadi malu dan bersemu merah.."
(.."Iya juga ya, Pikir Mieke"..)

Akhirnya Mieke meniru resep rudi. Seminggu kemudian, Rudi menelepon.

Rudi : "Gimana tomat-tomat elo??"
Mieke : "Gak berubah tuh.." (nada kecewa)
(Tapi mieke segera menambahkan dengan suara bersemangat..), "Tapi elo harus liat kebun ketimun-ketimun gue, ukurannya jadi dua kali lipat lebih gedhe!!!"

No comments:

Post a Comment

Beautiful Jewelry